Cara Mengatasi Penyakit Insomnia

Cara Mengatasi Penyakit Insomnia _ Berikut ini saya akan menjelaskan sedikit tentang cara mengatasi penyakit insomnia paling alami.

Insomnia merupakan Kondisi seseorang yang kesulitan untuk tidur di malam hari, umumnya kesulitan tidur ini disebabkan oleh adanya gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur, hal ini biasanya diperberat oleh adanya perilaku yang tidak sehat, seperti tidak teraturnya jam tidur, sering bergadang dan kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.


Cara mengatasi penyakit insomniaInsomnia atau gangguan tidur jelas amat mengganggu. Mengalami insomnia dapat mengganggu aktivitas sehari-hari akibat badan yang tidak fit karena kurang tidur. Berikut adalah tips mengatasi insomnia secara alami tanpa melibatkan obat-obatan.

Inilah Beberapa Cara Agar Anda Dapat Tertidur Dengan Cepat

Berikut ini tips cara mengatasi penyakit insomnia :

1. Jangan Minum Alkohol Beberapa Jam Sebelum Tidur

Batasi diri untuk mengkonsumsi wine atau koktail. Walaupun alkohol dapat membuat anda merasa mengantuk, namun alkohol tidak bisa memberi anda tidur yang nyenyak. Ingat, alkohol bukanlah cara yang baik untuk mengatasi insomnia, alkohol justru malah menambah masalah.

2. Jangan Terlalu Terobsesi Dengan Tidak Bisa Tidur

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang yang terlalu khawatir soal tidak bisa tidur biasanya adalah yang paling kesulitan mengatasi insomnia. Ingatlah, meski insomnia adalah penyakit yang cukup serius, namun itu dapat diobati.

3. Jauhi Kafein Setelah Pukul 14.00 di Sore Hari

Minuman yang mengandung kafein termasuk diantaranya yaitu minuman ringan (soda), minuman energi, kopi, dan teh. Diperlukan waktu beberapa jam agar efek kafein hilang dari tubuh. Kafein yang masih bercokol di dalam tubuh akan membuat anda susah tidur.

4. Hidari Situasi Stress di Malam Hari

Bagi kebanyakan orang, ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Mulailah membuat perubahan gaya hidup dan mengambil waktu untuk merencanakan agenda harian anda sehingga potensi stres berkurang dan tugas-tugas dapat diselesaikan lebih awal.

Lebih cepat tugas selesai maka anda memiliki lebih banyak untuk beristirahat. Salah satu cara terbaik untuk mengobati insomnia adalah pergi ke tempat tidur dengan pikiran yang jernih dan tenang. Hindari menjejali pikiran dengan masalah keluarga atau pekerjaan.

5. Pergi Tidur Lebih Awal

Ini mungkin terdengar bertentangan bagi yang mengalami insomnia untuk menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur. Pergi tidur 30 menit lebih awal dari biasanya dan mengambil sebuah buku untuk dibaca akan baik untuk anda.

6. Kondisi Tempat Tidur Yang Nyaman

Terkadang susah tidur terjadi karena kondisi kamar yang tidak kondusif. Mungkin saja kamar anda berantakan, kotor, dan tidak teratur, sehingga ketika anda baru saja memejamkan mata, tak lama kemudian anda merasa risih dan terbangun. Sekali anda terbangun dari tidur nyenyak, kemungkinan untuk melanjutkan tidur yang berkualitas sangat tipis.

Oleh karena itu, gunakan ranjang tempat anda berbaring hanya untuk tidur. Jangan melakukan aktivitas lain di atas ranjang, seperti browsing internet, mengerjakan tugas, apalagi makan. Jadikan ranjang sebagai tempat yang ekslusif untuk beristirahat.

7. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga teratur juga sangat berperan penting dalam proses mengatasi susah tidur. Salah satu sebab insomnia adalah anda masih memiliki energi yang berlebih di malam hari. Akibatnya, anda justru tidak bisa mengistirahatkan badan dan harus melakukan hal-hal lain terlebih dahulu sebelum bisa tertidur dahulu sebelum bisa tertidur nyenyak. Hal seperti inilah yang mengakibatkan pola tidur menjadi tidak teratur.

8. Mandi Dengan Nyaman

Mandilah yang lama dan senyaman mungkin dengan air hangat sebelum berangkat tidur.

9. Lakukan Aktifitas Santai Sebelum Tidur

Jika dalam waktu setengah jam sejak anda merebahkan diri anda belum juga terlelap, cobalah bangun dan lakukan aktifitas yang santai, seperti membaca buku, sampai anda mengantuk.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Cara Mengatasi Penyakit Insomnia, semoga adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan untuk anda yang sedang menderita penyakit insomnia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor Resiko Penyakit Diabetes Melitus

Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Insomnia