Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Insomnia

Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Insomnia _ Penderita insomnia tidak dapat tidur dengan nyenyak dan mengalami penderitaan, karena biasanya mereasa gelisah serta diteror saat menjelang tidur. Hal tersebut akhirnya mempengaruhi ritme kerja dan kehidupannya.

10 Asupan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Insomnia

Faktor penyebab insomnia ada banyak, salah satunya adalah gaya hidup. Termasuk di dalamnya adalah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Berikut makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi sebelum tidur:

1. Susu Sapi

Susu SapiMinumlah segelas susu sapi segar sebelum tidur, karena susu sapi segar mengandung tryptophan dan kalsium yang membuat otot dan saraf lebih sehat. Bagi penderita insomnia, kalsium pada susu sapi segar membantu otak menjadi lebih tenang dan mengurangi beban stres. Dengan pikiran yang tenang dan jauh dari stres, tidur pun akan menjadi lebih nyenyak.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-KacanganKacang-kacangan kaya vitamin B dan asam folat. Unsur-unsur tersebut membantu tubuh mengatur siklus tidur yang baik. Kacang almond yang paling baik dikonsumsi penderita insomnia. Kacang almond membuat tekanan darah menjadi normal. Tekanan darah yang normal, membantu penderita insomnia lebih mudah tidur.

3. Ikan

IkanIkan sebaiknya direbus atau dikukus, agar kandungan gizinya tidak hilang. Jenis ikan yang baik untuk penderita insomnia adalah ikan salmon. Ikan tersebut mengandung asam docosahexaenoic yang meningkatkan hormon melatonin pada tubuh. Hormon melatonin merupakan hormon yang mengendalikan siklus tidur di otak.

4. Cherry

CherryBuah yang satu ini mengandung banyak zat melatonin, yang membantu meringankan insomnia. Di dalam tubuh, hormon melatonin membantu mengatur jam tidur dan siklus energi. Kekurangan melatonin menyebabkan seseorang merasa lelah, dan tidak bisa tidur nyenyak saat malam hari. Cherry bisa dikonsumsi dalam bentuk buah mentah, jus, atau dalam kue tart.

5. Ubi

Ubi jalarSelain banyak mengandung protein kompleks, ubi juga mengandung potassium yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Potassium membantu otot lebih rileks dan menginduksi tidur sehat. Patut dicatat, kebanyakan nutrisi terdapat pada kulit ubi. Sehingga mengkonsumsi kulit dan daging ubi, akan melengkapkan nutrisi yang diterima tubuh. Konsumsi teratur setiap hari akan meningkatkan kualitas tidur.

6. Pisang

PisangPisang mengandung banyak unsur alami untuk relaksasi otot berbahan potassium. Pisang juga kaya vitamin B 6 yang merupakan penyusun melatonin. Peningkatan melatonin akan perlahan mengobati insomnia.

7. Kale

KaleKale adalah sayuran berdaun hijau gelap yang kaya kalsium. Sebuah riset mengatakan orang yang kekurangan tidur juga mengalami defisiensi kalsium dalam tubuhnya. Konsumsi kale dapat membantu meningkatkan kalsium, yang kemudian berdampak positif pada perbaikan pola tidur.

8. Edamame

EdamameDi Indonesia Edamame dikenal sebagai kedelai Jepang, dan bisa dikonsumsi dalam keadaan segar, beku, atau sebagai camilan. Edamame adalah sumber karbohidrat, protein, serat dan beberapa vitamin. Riset membuktikan, edamame mengurangi gejala kurang tidur bagi wanita monopause. Edamame mengandung komponen sama dengan esterogen, yang mencegah rasa panas saat malam yang bisa mengganggu tidur.

9. Kentang

KentangMau digoreng atau dipanggang, kentang tetap enak untuk disantap. Tidak hanya lezat, kentang juga menjadi sumber tryptophan, hormon yang menginduksi tidur. Selain itu, kentang juga memiliki efek yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

10. Oatmeal

OatmealOatmeal atau havermut dapat menjadi camilan besar dan baik dikonsumsi sebelum tidur. Sebab, makanan ini sangat kaya akan karbohidrat. Faktanya, oatmeal dapat merangsang produksi alami serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat sistem pencernaan makanan lebih lambat dalam bekerja.

Hal ini menyebabkan Anda terus merasa kenyang dan dijamin tidur Anda nyenyak sepanjang malam.

Itulah tips sederhana bagi penderita Insomnia yang baik dan dianjurkan untuk Anda, cobalah mengkonsumsi makanan yang diatas karena bisa mengatasi penyakit insomnia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Penyakit Insomnia

Faktor Resiko Penyakit Diabetes Melitus