Pantangan Makanan Penderita Penyakit Diabetes Melitus

Sudah merasa kehilangan, depresi, atau merasa seperti alien ? Berikut ini merupakan artikel pantangan makanan untuk penderita diabetes melitus, semoga dengan adanya artikel ini bisa lebih baik dari sebelumnya.

Obat alami penyakit diabetes melitusDiabetes merupakan salah satu penyakit mematikan nomor tiga setelah penyakit jantung dan penyakit kanker. Penyebab terjadinya diabetes adalah tidak berfungsinya organ pankreas dalam memproduksi hormone insulin sehingga hormone insulin dalam tubuh berjumlah sangat terbatas.


 Efek dari minimnya jumlah hormone insulin dalam tubuh adalah tidak terkontrolnya kadar gula dalam darah yang terkandung dalam menu makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengontrol kandungan gula di dalam darah bagi penderita diabetes adalah mengatur pola makan sehari-hari dan rutin lakukan olahraga.

Apalagi jika terdapat anggota keluarga anda yang mempunyai riwayat penyakit diabetes, anda harus berhati-hati untuk menjaga kesehatan anda dan aturlah pola makan yang sehat. Sejak dini anda harus tahu beberapa makanan pantangan diabetes yang wajib anda hidari agar resiko terserang penyakit diabetes sangat berkurang.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Diabetes Melitus

Di bawah ini ada beberapa jenis makanan pantangan diabetes melitus yang wajib dihindari oleh para penderita penyakit diabetes melitus. Pantangan makanan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pasta dan Mie

Pantangan makanan penderita penyakit diabetes melitusMenurut penelitian para pakar ahli gizi, pasta dan mie mempunyai kandungan glikemik yang sangat tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa pasta dan mie terbuat dari sebagian besar karbohidrat murni seperti tepung beras dan gandum yang notabene mempunyai kandungan glukosa yang sangat tinggi.

Jika penderita diabetes tetap masih mengkonsumsi karbohidrat jenis ini maka kadar gula dalam darahnya akan semakain meningkat. Alhasil, penyakit diabetes mereka akan semakin kronis. Jika dibiarkan makan akan terjadi komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes itu sendiri. Kemungkinan komplikasi yang timbul karena diabetes antara lain penyakit jantung, gagal ginjal, hingga kebutaan.

2. Nasi Putih

Nasi putihNasi Putih memang merupakan makanan pokok sebagian masyarakat indonesia. Jika dilihat dari nilai gizi satu porsi nasi putih, nasi putih tersebut mempunyai kandungan karbohidrat yang sangat tinggi.

Karbohidrat sangat identik dengan kandungan glukosanya yang sangat tinggi. Oleh karena itu anda yang sedang menderita penyakit diabetes melitus sebaiknya anda kurangi konsumsi nasi putih karena nasi putih merupakan salah satu makanan pantangan penderita penyakit diabetes melitus.

Jika perlu anda ganti menu nasi putih dengan menu makanan yang lain yang mempunyai kandungan karbohidrat yang setara dengan satu porsi nasi putih . Ada menu lain yang bisa menggantikan nasi putih yakni seperti, beras merah dan beras cokelat yang terbukti lebih sehat dan lebih aman dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus karena kandungan gulanya sangat rendah sekali.

3. Kafein

Kafeinkafein merupakan salah satu makanan pantangan bagi penderita diabetes. Menurut salah satu judul penelitian yang berjudul “Diabetes Care” yang ditulis oleh kilpatrick dan hudson lee pada tahun 2005 menunjukan bahwa kopi bisa membawa dampak buruk, bukan karena kandungan kafeinnya tapi karena gula yang mendampingi kopi tersebut, fakta membuktikan peminum kopi selalu memberikan gula yang banyak untuk mengurangi rasa pahit yang terdapat pada kori tersebut.

Oleh karena itu sebaiknya anda yang sedang menderita penyakit diabetes melitus harus mengurangi konsumsi minuman seperti kopi karena gulanya, jika anda bisa minum kopi tanpa gula maka akan baik baik saja.

4. Kentang

KentangSelain nasi putih yang disinyalir sebagi sumber karbohidrat terbesar yang menjadi makanan pantangan penderita penyakit diabetes melitus, ternyata kentang juga termasuk sebagai sumber karbohidrat yang dilarang dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Kandungan glikemiknya yang tinggi menyebabkan makanan jenis umbi-umbian ini dilarang keras dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus. Para ahli penyakit diabetes menyarankan pada penderita diabetes agar mereka bisa mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi berbagai jenis olahan kentang baik kentang gorang, panggang, ataupun kentang rebus.

5. Roti Putih

Roti putihRoti putih merupakan jenis roti yang terbuat dari tepung putih yang ternyata mempunyai kandungan glukosa yang sangat tinggi. Bagi penderita diabetes, sebaiknya konsumsi roti yang terbuat dari gandum. Gandum adalah sumber karbohidrat yang mempunyai kandungan gula lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih, kentang, dan mie.

6. Gorengan

Pantangan makanan penderita penyakit diabetes melitusGorengan merupakan makanan ringan yang dianggap tidak terlalu berbahay bagi kesehatn. Akan tetapi fakta berkata lain. Satu buah gorengan mengandung kolesterol tinggi yang bersumber dari minyak yang dipakai berkali-kali untuk menggoreng gorengan tersebut.

Fakta lain dari mengkonsumsi gorengan adalah gorengan ternyata salah satu penyebab penyakit degeneratif yang dapat memicu penyakit yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular dan stroke adalah tersumbatnya pembuluh darah koroner pada tubuh. Mengkonsumsi gorengan secara rutin dan berlebihan juga dapat menyebabkan kelainan dislipidemia yaitu kelainan prose metabolisme lipid dimana adanya peningkatan kadar kolestrol total, kolestrol jahat dan trigliserida, dan menurunnya jumlah kolestrol baik dalam darah.

7. Soda

Pantangan makanan penderita penyakit diabetes melitusSoda memang terlihat sangat segar jika anda sedang merasakan haus yang sangat luar biasa. Namun perlu anda ketahui bahwa soda adalah salah satu jenis makanan pantangan penderita penyakit diabetes yang wajib dihindari oleh para penderita diabetes.

Menurut sebuah penelitian yang berjudul “The Nurses’Health Study II” menunjukan bahwa wanita yangs ering mengkonsumsi soda secara rutin akan mengalami kegemukan dalam waktu yang cukup relatif singkat. Selain resiko kegemukan ternyata mengkonsumsi soda yang rutin dan berlebihan juga akan meningkatkan resiko penyakit diabetes.

Penyebab utma mengapa soda sangat berpengaruh dalam meningkatnya resiko penyakit diabetes adalah kandungan pemanis yang ada di dalam minuman penyegar tersebut. Asupan kalori cair yang terkandung dalam soda juga salah satu faktor yang berkontribusi besar dalam terjadinya resiko penyakit diabetes melitus.

8. Olahraga Terlalu Berat

Pantangan makanan penderita penyakit diabetes melitusPantangan makanan penderita penyakit diabetes melitus yang terakhir rupanya tidak terkait dengan makanan. Olahraga memang disarankan bagi penderita diabetes agar mereka dapat menjaga kestabilan gula darah mereka.

Namun mengingat kondisi fisik mereka yang lemah akibat kadar gula darah mereka, disarankan agar melakukan olahraga ringan dan tidak berlebihan. Jika tidak, ditakutkan tubuh akan mengalami dehidrasi dan itu hanya akan memperburuk kondisi kesehatan mereka.

Mungkin setelah anda tahu beberapa jenis makanan pantangan penderita penyakit diabetes melitus seperti yang sudah saya jelaskan diatas, sebaiknya anda mencoba untuk hidup lebih sehat dengan makan makanan yang sehat dan bernutrisi lengkap, cukup istirahat, dan berolahraga secara teratur dan tidak berlebihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Penyakit Insomnia

Faktor Resiko Penyakit Diabetes Melitus

Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Insomnia