Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Ginjal Bocor

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Ginjal Bocor_Bila anda memiliki penyakit ginjal bocor untuk pencegahannya itu harus efektif mulai dari pantangan makanan yang masuk kedalam tubuh.

Makanan untuk penderita penyakit ginjal bocor harus diperhatikan karena banyak pantangannya. Sebelum membahas pantangan makanan untuk penderita penyakit ginjal bocor kita harus mengenali dulu apa itu penyakit ginjal bocor?

Penyakit Ginjal Bocor merupakan terjadinya penimbunan dari gejala-gejala rusaknya ginjal yang menyangkut dalam organ ginjal, sehingga ginjal tidak mampu bekerja secara optimal.

Dalam obat penyakit ginjal bocor keadaan normal, ginjal bekerja sebagai penyaring, sehingga protein tidak bisa keluar dari tubuh. Penyakit ginjal bocor paling sering ditemui pada anak-anak atau balita yang mengalami kelainan pada fungsi organ ginjal, namun pada orang dewasa pun cukup banyak ditemukan. Penyakit ginjal bocor bukanlah hal yang enteng.


 Bagaimana tidak, jika mengalami ginjal bocor, asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh tentu tidak dapat disaring, dan keluar begitu saja melalui urin, terlebih lagi jika penyakit ini diderita oleh ibu hamil, maka nutrisi yang harusnya diterima sang bayi, menjadi tak tersalurkan dan malah terbuang melalui urin. Untuk itu, jangan biarkan penyakit ini membuat anda menderita, segera obati dengan pengobatan yang tepat.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Ginjal Bocor

Ginjal bocorMakanan yang anda konsumsi bisa berdampak pada terciptanya penyakit ginjal bocor. Karena ginjal bocor berasal dari berbagai kotoran makanan yang menjadi keras. Ginjal berfungsi dalam penyaringan berbagai kotoran yang larut di dalam darah. Kemudian membuangnya melalui air seni. Sayangnya bila fungsi ginjal melemah, maka resiko menderita ginjal bocor sangat besar.

Sebenarnya anda bisa menghindari penyakit ini dengan tidak mengonsumsi pantangan makananan untuk penderita penyakit ginjal bocor. Tentunya mencegah lebih baik, daripada mengobati yang akan memakan banyak waktu dan biaya. Mengetahui  pantangan makananan untuk penderita ginjal bocor sangat penting dalam mencegah terbentuknya ginjal bocor. Berikut ini beberapa pola makan yang bisa anda terapkan :

1. Perbanyak minum air putih

Air adalah diet paling penting untuk mencegah batu ginjal, karena komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil. Penderita batu ginjal disarankan untuk buang air kecil sekitar 2,5 liter dalam sehari, sehingga harus minum lebih banyak dari jumlah tersebut. Jika cuaca panas atau sedang banyak aktivitas, konsumsi air harus diperbanyak supaya lebih sering buang air kecil.

2. Hindari Susu Dan Produk Susu, Terutama Yang Telah Difortifikasi Dengan Vitamin D

3. Membatasi Konsumsi Protein Nabati

Sedangkan untuk konsumsi protein hewani, dapat menimbulkan beberapa jenis mineral di urine yang dapat membentuk batu ginjal.

4. Perbanyak Serat Tidak Larut

Ada 2 jenis serat yakni serat yang larut dan serat yang tak larut, masing-masing memiliki fungsi yang sama penting di dalam tubuh. Tetapi dalam hal ini, serat tak larut yang terdapat pada gandum, padi dan terigu bisa mengurangi kadar kalsium dalam urine. Serat tersebut mengikat kalsium ketika berada di usus, sehingga tidak dikeluarkan melalui ginjal.

5. Membatasi Konsumsi Vitamin C

Salah satu hasil metabolisme vitamin C adalah oksalat. Karena oksalat bisa membentuk kristal, maka penderita batu ginjal harus membatasi asupan vitamin C.

6. Membatasi kalsium

Biasanya tubuh tidak akan menyerap kalsium melebihi yang dibutuhkan. Namun pada kondisi tertentu misalnya hipercalciuria, kelebihan kalsium dibuang melalui ginjal dalam bentuk air kencing. Adapun ukuran kalsium bagi penderita batu ginjal maksimal 800 mg/hari untuk pria dan 1.200 mg/hari untuk wanita. Kalsium banyak terdapat pada sayuran hijau, susu dan berbagai produk olahan berbahan susu. Kalsium pada susu lebih mudah diserap usus dibandingkan pada sayuran hijau.

7. Membatasi oksalat

Bersama kalsium, oksalat (asam yg mengandung satuan CO2) dapat membentuk kristal penyebab batu ginjal. Oleh karena itu, penderita batu ginjal disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari sama sekali makanan yang banyak mengandung oksalat. Di antaranya adalah bayam, strawberry, cokelat, gandum, biji-bijian dan teh.

8. Membatasi Konsumsi Garam

Dengan mengurangi konsumsi garam natrium, maka akan mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan oleh ginjal, sebaiknya ukuran konsumsinya dibatasi antara 2.500 -3.500 mg/hari, terlalu banyak garam yang dikonsumsi mengakibatkan banyaknya kalsium dalam urin yang akan memicu pembentukan batu ginjal.

Konsumsi Obat Herbal Alami

Selain menerapkan pantangan makananan untuk penderita ginjal bocor, anda bisa melakukan penyembuhan dengan obat herbal alami. Anda bisa konsumsi Obat Herbal Alami Ace Maxs yang telah terbukti bisa menyembuhkan penyakit ginjal bocor tanpa rasa sakit dan mencegah datangnya penyakit ginjal bocor kembali.

Produk herbal ini dibuat dari ekstrak kulit manggis dan daun sirsak yang telah dipercaya dan terbukti mampu menyembuhkan beragam penyakit kronis dan non-kronis termasuk penyakit ginjal bocor ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Penyakit Insomnia

Faktor Resiko Penyakit Diabetes Melitus

Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Insomnia